Gebyar P5 di SMADA

P5 adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam kurikulum merdeka, P5 merupakan kegiatan kokurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan karakter pelajar sehingga dapat melahirkan anak bangsa yang berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Senin 3 Oktober 2022, SMA Negeri 2 Purbalingga melangsungkan pembukaan kegiatan P5. Tema kegiatan P5 yang diambil yaitu “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan sub tema “Cegah Perundungan di Sekitar Kita”. Pengambilan tema ini bertujuan agar para pelajar dapat mengerti dampak dari perundungan. Kegiatan P5 ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X. Mereka diberikan waktu selama tiga minggu untuk membuat sebuah proyek berupa drama maupun film pendek dengan tema yang telah ditentukan.

Pada minggu pertama, kegiatan P5 diawali dengan sosialisasi yang dilakukan untuk memberikan bekal kepada peserta dalam merancang atau menyusun alur cerita yang akan mereka tampilkan. Dalam kurun waktu tersebut, mereka memperluas wawasan dan pemahaman mengenai perundungan sebagai dasar pembentukan alur cerita.

Kemudian di minggu kedua kegiatan P5, mereka mulai mendiskusikan dan menyusun alur cerita. Dilanjutkan dengan merevisi alur yang telah mereka buat. Selain membuat alur cerita, mereka juga menentukan setting panggung, kostum, musik, dan segala hal yang diperlukan dalam drama maupun film pendek yang mereka buat. Dalam kurun waktu itu pula, mereka mulai berlatih mendalami peran untuk drama dan pengambilan gambar untuk film.

Senin 17 Oktober 2022, peserta P5 mempromosikan hasil drama dan film yang telah mereka buat. Setiap kelompok mendatangi satu persatu kelas secara bergantian. Mereka memberitahu mengenai kelebihan drama atau film yang akan mereka tayangkan atau tampilkan. Mereka juga memberitahu kapan pertunjukan itu berlangsung.

Pementasan drama perundungan dalam rangka P5 dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2022. Seluruh peserta didik digiring menuju GOR SMA Negeri 2 Purbalingga untuk menyaksikan penampilan mereka. Dilanjutkan dengan pertunjukkan film pendek yang dilaksanakan pada Kamis 20 Oktober 2022. Setiap kelas mengirimkan 6 perwakilan untuk menonton film tersebut yang dilakukan secara bergantian.

Perundungan tidak hanya berupa kekerasan secara fisik melainkan juga berupa kata-kata. Bu Cahya selaku ketua pelaksana kegiatan P5 mengharapkan agar pengambilan tema perundungan ini dapat memperkecil kasus perundungan yang terjadi di sekitar, khususnya di kalangan SMA Negeri 2 Purbalingga.

writer : maura y’nauri yasmin hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *