Prestasi Peserta Didik

Dibalik KSN 2021 Jenjang SMA

Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta sederajat di seluruh Indonesia. Tak terkecuali SMA Negeri 2 Purbalingga yang mengirimkan perwakilannya untuk ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Siswa siswi yang mewakili SMA Negeri 2 Purbalingga pun tidak pulang dengan tangan kosong, mereka berhasil meraih sejumlah kejuaraan. Para atlet KSN dipilih dari siswa siswi terbaik yang kompeten dan berprestasi dibidangnya.

Namun, bukan berarti tidak perlu persiapan untuk menghadapi perlombaan tersebut. Nurfinda, salah satu siswa perwakilan KSN SMA Negeri 2 Purbalingga dibidang geografi, sedikit memberi ‘bocoran’ mengenai persiapan yang dilakukan. Tentunya dengan belajar, bimbingan dari bapak ibu guru, selain itu mereka juga mengikuti TO, lomba lomba sebelum KSN untuk menambah referensi soal, dan bimbingan dari tutor tutor online. Untuk waktu persiapan yang dilakukan oleh masing masing peserta berbeda beda, namun tidak sebentar juga karena dilakukan dari tahun 2020 sebelum mereka mengikuti KSN di tahun 2021.

Kondisi pandemi seperti saat ini dirasa mengganggu kegiatan KSN tersebut. Karena beberapa kegiatan yang dilombakan para peserta harus melakukan secara langsung, tapi karena pandemi jadi peserta hanya melakukan secara virtual. Siswa siswi peserta yang seharusnya dapat hadir di kota yang ditentukan sebagai tempat pelaksanaan KSN hanya bisa mengerjakan secara online.

Hal tersebut membuahkan hasil yang baik dan tidak menjadi kendala bagi siswa siswi perwakilan KSN SMA Negeri 2 Purbalingga untuk tetap memperoleh kejuaraan dan menyumbang prestasi bagi SMA Negeri 2 Purbalingga.

Writer : Rafa Alea